A Simple Way to Manage Your Money

Standard

Bagi karyawan swasta seperti saya tanggal 25 adalah hari yang saya tunggu-tunggu! yup apalagi kImagealau bukan gajian! tidak ada lagi kata bokek, tujuan pertama pada hari itu adalah MALL! maklum kebanyakan wanita y hobbinya shopping! biar nggak ada duit asal masuk mall buat cuci mata udah cukup (pengalaman pribadi) hahahaha! Nah hal-hal ginian yang membuat gajiku nggak betah nongkrong di rekening! dikit-dikit narik, suka itu narik, mau makan itu narik, mau karaokean narik (maklum suka pamer suara walaupun pas-pasan), belum lagi bayar uang kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Bisa-bisa sebelum awal bulan rekeningku sudah kosong duluan!melarat dah -___-” nah bagaimana cara mengontrol pengeluaran tapi masih tetap bisa happy-happy??berikut cara-cara yang biasa saya lakukan :

  1. Membuat anggaran biaya yang urgen yang harus dipenuhi tiap bulannya! biaya ini biasanya saya kategorikan sebagai belanja kebutuhan bulanan, misalnya shampoo, hand body, parfum, ya kebanyakan girls stuff lah dan of course setoran ke orang tua, cicilan motor dan uang kuliah! tapi batasi juga buat belanja kebutuhannya! jangan sampai belanja ugal-ugalan!
  2. Membuat perhitungan biaya bensin dan pulsa yang biasanya tidak terkontrol!
  3. Membuat anggaran jajan per hari! jadi uang yang saya keluarkan per hari itu ada batas maksimalx juga! (bukan pelit tapi hemat cyinnn) jadi kalau 2 atau 3hari ini pengeluarannya kurang bisa dipakai jajan di mall atau mentraktir teman d!
  4. Beli celengan! kekanak-kanakan memang tapi manfaatx banyak loh! tiap hari aja nabung 5rb atau 10rb, akhir tahun tabungannya udah membludak tuh!
  5. Bawa bekal dari rumah! ya kalau ada sesuatu dirumah biasanya saya bawa buat makan siang dikantor ,nggak ada tempat makan jg soalnya di daerah sekitar kantorku. Untungnya: makanannya lebih higienis dan lebih murah tentunya, ruginya: kadang-kadang saya bangun telat jadi makan siangnya cuma indomie telur.
  6. Stay Away from Mall,Butung,sentral,dsb… hahaha kalau yang ini agak sulit neh makanya saya buatkan biaya tak terduga buat yang satu ini! klo anggaran biaya tak terduganya habis, say goodbye to the mall!
  7. Membuat laporan bulanan untuk melihat apakah anggaran tersebut terpenuhi.
  8. Semua point diatas jangan cuma dijadikan hitam diatas putih, sekedar coret-coretan tapi nggak diaktualisasikan!

Ilmu yang saya pelajari dikampus why not saya praktekan di kehidupan pribadiku juga. Bukan sekedar me-manage kas perusahaan tapi kas pribadi juga…. Dan Alhamdulillah it works (ala-ala L-Men) hahaha! So, what do you think?? bukan menggurui, sekedar memberi saran! mungkin saja bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s